Sakit Saat Menekuk Lutut akibat Osteoartritis

Jika anda berusia diatas 40 tahun, mengalami sakit saat menekuk lutut seperti saat jongkok, sholat, sesudah duduk lama, disertai lutut kaku di pagi hari kemungkinan besar anda mengalami osteoartritis lutut, atau yang biasa disingkat OA lutut. Sering  juga disebut pengapuran tulang lutut.

Mengapa bisa terjadi OA lutut? Mengapa tidak kunjung sembuh hanya dengan obat saja? Sudah fisioterapi berulang serta sudah injeksi pelumas sendi atau anti radang tapi belum ada perubahan signifikan?

Sakit lutut akibat OA bukanlah penyakit sederhana. Banyak faktor berperan dalam terjadinya sakit lutut karena OA. Bukan hanya akibat penuaan seperti yang sering dikatakan, tetapi juga faktor bawaan, seperti posisi tempurung lutut yang terlalu miring atau terlalu tinggi, serta kualitas tulang rawan itu sendiri, apakah tebal atau tipis dan mudah rusak atau tidak. Juga bagaimana dan seberapa sering anda menggunakan lutut anda.

Pada sendi lutut, terdapat tulang rawan atau tulang lunak (cartilage) yang berfungsi meredam tekanan antara tulang. Tulang rawan ini dapat retak atau menipis, bahkan aus dan habis sama sekali, dan membuat nyeri saat tulang bergesekan dengan tulang. Selain karena menipisnya tulang rawan, rasa sakit lutut akibat OA dapat terjadi juga karena kerusakan tendo dan ligamen (urat putih penghubung tulang). Juga dapat juga terjadi karena radang di kantung sendi yang menimbulkan cairan berlebih.

Karena banyak faktor berperan, sakit lutut akibat OA tidak bisa sembuh sekejap hanya dengan pemberian obat beberapa hari saja. Obat anti nyeri atau anti radang hanya berefek selama obat dikonsumsi, bahkan konsumsi terlalu lama dapat menghambat penyembuhan. Obat-obat yang sering diiklankan di televisi oleh artis tiga jaman itu juga tidak akan memberikan perubahan nyata.

Beberapa hal harus dilakukan untuk mengurangi nyeri dan memperbaiki kerusakan di sendi lutut.  Mulai dari perubahan kebiasaan hidup sehari-hari, latihan otot paha, pemakaian alat bantu, hingga injeksi lutut dimana salah satunya adalah proloterapi. Semuanya harus dilakukan bersamaan sekaligus, tidak akan efektif jika hanya salah satu saja. Jika kerusakan sudah terlalu berat, disarankan operasi ganti lutut.

Perubahan kebiasaan hidup sehari-hari seperti duduk dengan kaki selonjor, hindari duduk posisi sila (lipat kaki), sholat sambil duduk di kursi atau tempat tidur, menghindari jongkok, memakai WC duduk daripada WC jongkok, serta menghindari naik-turun tangga. Juga harus selalu memakai alas kaki/sandal yang empuk walaupun hanya di dalam rumah.

Fisioterapi yang diberikan bukan sekedar dipanaskan atau disetrum lututnya saja. Yang harus dilakukan adalah melatih otot paha depan agar lebih baik. Juga melenturkan otot-otot sisi luar paha dan otot bokong. Pemakaian plester khusus untuk memperbaiki posisi tulang tempurung lutut kadang diperlukan.

Pada sakit lutut karena OA, terapi dengan cara injeksi jauh lebih efektif dari pada obat minum. Injeksi yang dapat diberikan pada sakit lutut karena OA terdiri dari:

  1. Injeksi antiradang. Injeksi ini hanya tepat diberikan pada sakit lutut disertai bengkak akibat cairan sendi berlebihan, tidak pada semua sakit lutut karena OA. Injeksi anti radang ini hanya bersifat sementara dan tidak boleh diberikan terus menerus.
  2. Injeksi pelumas sendi. Berfungsi mengurangi gesekan dan beban tekanan sendi lutut. Injeksi ini tidak merangsang pertumbuhan kembali sendi lutut yang rusak sehingga diberikan pada kerusakan sendi lutut yang masih ringan atau sudah terlalu berat.
  3. Injeksi proloterapi. Berfungsi merangsang pertumbuhan kembali tendo dan ligamen sekitar lutut, selain mengurangi nyeri akibat kerusakan tulang rawan lutut. Dibandingkan injeksi antiradang yang hanya mengurangi nyeri dan pelumas sendi yang hanya melumasi, proloterapi lebih baik karena bukan hanya mengurangi nyeri tetapi juga bersifat menumbuhkan kembali jaringan sendi yang rusak.

Jika anda, orangtua anda atau teman anda mengalami sakit lutut karena OA, kunjungilah dokter yang tepat, dapatkan diagnosa yang akurat dan terapi yang tepat sesuai penyakitnya. Proloterapi dapat  menjadi solusi yang tepat, aman, efektif dan tidak hanya bersifat sementara bagi sakit lutut karena OA.

Untuk membaca lebih lanjut tentang OA lutut, silahkan baca di tautan ini.