Jangan Langsung Percaya Hasil MRI.

Tidak Semua yang Tampak pada MRI Pasti Penyebab Sakit Punggung Anda

Banyak pasien saya datang dengan membawa hasil pemeriksaan MRI, bilang “Dok, saya sakit punggung sudah lama, kata dokter yang kemarin akibat saraf kejepit.“ sambil menunjuk gambar di MRI yang ada penonjolan bantalan seperti yang dokter sebelumnya katakan. “Tapi kok sudah diberi obat dan difisioterapi untuk saraf kejepit tidak ada perbaikan?”, lanjutnya lagi.

Mengapa hal seperti ini sering terjadi? Apa yang harus anda lakukan jika anda mengalami hal seperti ini?

Jawabannya ada dua kemungkinan, apakah dia mendapat pengobatan/terapi yang tidak adekuat/tidak tepat untuk saraf terjepit-nya, atau nyeri punggungnya bukan akibat saraf kejepit melainkan akibat penyebab lain. Jawaban nomor dua, bukan akibat saraf terjepit, sangat sering saya temui. Lebih sering dari jawaban pertama, benar saraf kejepit tapi pengobatan tidak tepat.

Sakit punggung banyak penyebabnya, tidak hanya akibat saraf kejepit, tidak juga hanya penonjolan bantalan (bahasa medisnya hernia nucleus pulposus = HNP). Penyebab sakit punggung ada yang tampak pada MRI, ada yang tidak. Yang paling menentukan dalam menentukan penyebab sakit punggung anda adalah wawancara dan pemeriksaan fisik yang dokter lakukan. Tidak semua pemeriksaan sakit punggung memerlukan MRI.

Lalu mengapa di MRI anda tampak ada penonjolan bantalan atau saraf terjepit?

Tidak semua penonjolan bantalan atau saraf terjepit menimbulkan masalah. Jika penonjolan bantalan hanya sedikit atau saraf anda terbilang lentur, maka sering  tidak akan jadi masalah buat anda. Seringkali juga, penonjolan dan penipisan bantalan, serta penyempitan saluran saraf, hanya gambaran penuaan saja. Bukan penyebab sakit punggung anda.

Dokter juga seharusnya tidak hanya menentukan penyakit anda berdasarkan gambar di MRI saja. Dia harus melakukan pemeriksaan fisik yang detail dan cermat untuk menentukan penyebab sakit punggung anda. Jika penyebab tidak diketahui dengan tepat, tentu sulit menentukan pengobatan yang tepat.

Dokter yang ahli, dapat memperkirakan penyebab sakit punggung anda hanya dengan mewawancarai anda  serta melakukan pemeriksaan fisik detail dan cermat menggunakan kedua tangannya. Tidak selalu perlu pemeriksaan tambahan yang mahal seperti MRI.

Jika anda mengalami sakit punggung yang tidak kunjung sembuh, dikatakan saraf kejepit, serta dokter anda hanya membuat diagnosa berdasarkan gambar MRI, bukan pemeriksaan fisik yang detail, dapatkan second opinion dari dokter yang tepat. Dapatkan diagnosa yang tepat untuk dapat menentukan pengobatan atau terapi yang tepat.

Artikel terkait:



 Siapakah Dokter Aditya, dokter proloterapi anda? Dokter dari mana? Praktek dimana dan kapan? Kemana harus menghubungi jika ingin bertemu Dokter Aditya? Ingin informasi lebih jelas klik di sini.

Mengapa harus berobat ke Dokter Aditya? Apa kelebihan berobat ke Dokter Aditya dibandingkan berobat ke dokter anda sebelumnya? Penasaran apa saja klik di sini.


dr. Aditya Wahyudi, SpKFR
Ahli Otot-Sendi & Cedera Olahraga
Ahli Proloterapi

Klinik Halmahera Medika
Jl. Halmahera no. 2 Bandung
Appointment: Telp 022-4269-0156 atau WA 0817-6040-808