Usia 50-an dan Bahu Jadi Nyeri serta Kaku? Kenapa dan Harus Bagaimana?

Frozen Shoulder dan  Penyebab Nyeri Bahu Lainnya

Penyakit yang membuat bahu kaku dan bahu sakit yang sering terjadi adalah Frozen Shoulder atau Adhesive Capsulitis. Pada penyakit frozen shoulder, kapsul atau bungkus sendi di sisi depan mengkerut membuat penderita tidak dapat mengangkat bahunya ke atas sehingga sulit menyisir rambut, membuka baju t-shirt atau menjemur pakaian. Awalnya penderita akan merasa nyeri yang semakin lama semakin hebat, kemudian nyeri berkurang tetapi muncul kekakuan bahu yang dapat berlangsung beberapa bulan sampai tahunan.

Siapa yang sering terkena penyakit ini? Apa yang harus dilakukan?

Penyakit bahu kaku dan bahu sakit ini sering mengenai wanita usia sekitar 50 tahun tanpa sebab apapun. Dapat juga mengenai orang yang lengannya tidak bergerak dalam waktu lama misalnya pada patah tulang bahu atau tulang lengan atas. Lebih sering juga terjadi pada penderita diabetes atau gangguan hormon gondok.

Pada penyakit frozen shoulder, kapsul atau bungkus sendi di sisi depan mengkerut membuat penderita tidak dapat mengangkat bahunya ke atas sehingga sulit menyisir rambut, membuka baju t-shirt atau menjemur pakaian. Awalnya penderita akan merasa nyeri yang semakin lama semakin hebat, kemudian nyeri berkurang tetapi muncul kekakuan bahu yang dapat berlangsung beberapa bulan sampai tahunan.

Bahu kaku dan bahu sakit akibat frozen shoulder pada fase awal dimana nyeri masih hebat dapat diberikan obat-obat dan injeksi anti nyeri dan anti radang. Jika sudah timbul kekakuan lebih baik dilakukan injeksi  untuk meregangkan kapsul sendi yang mengkerut (hidrodilatasi). Jika bahu sakit sekali, dapat dilakukan injeksi saraf bahu untuk mengurangi rasa sakit. Kedua injeksi tersebut harus dilakukan dengan panduan visual USG untuk menjamin akurasi.

Bahu sakit juga dapat diakibatkan penyakit lain, seperti kerusakan tendo otot supraspinatus (supraspinatus tendinosis), radang di selaput tendo otot biceps (biceps tenosynivitis), kerusakan sendi acormioclavicular (AC joint OA), instabilitas sendi bahu dan sebagainya. Beberapa penyakit yang disebut terakhir dapat diatasi dengan proloterapi.

Jika anda mengalami bahu kaku atau bahu sakit, segera periksa di dokter yang tepat. Dapatkan diagnosa yang tepat dan tindakan medis yang tepat untuk masalah anda.

Baca artikel-artikel  lain kesehatan otot-sendi & cedera olahraga, klik di sini.



 Siapakah Dokter Aditya, dokter proloterapi anda? Dokter dari mana? Praktek dimana dan kapan? Kemana harus menghubungi jika ingin bertemu Dokter Aditya? Ingin informasi lebih jelas klik di sini.

Mengapa harus berobat ke Dokter Aditya? Apa kelebihan berobat ke Dokter Aditya dibandingkan berobat ke dokter anda sebelumnya? Penasaran apa saja klik di sini.


dr. Aditya Wahyudi, SpKFR
Ahli Otot-Sendi & Cedera Olahraga
Ahli Proloterapi

Klinik Halmahera Medika
Jl. Halmahera no. 2 Bandung
Appointment:Telp 022-4269-0156 atau WA 0817-6040-808