Nyeri Lutut Belum Tentu Asam Urat dan Rematik

Panduan bagi Penderita Sakit Lutut akibat Osteoartritis.

Oleh: dr. Aditya Wahyudi, SpKFR

Tulisan ini berisi berbagai pertanyaan tentang lutut sakit yang sering diajukan olah pasien saya, berikut jawabannya dalam bahasa awam yang mudah dimengerti. 

Teman-teman saya, bahkan dokter saya, bilang sakit lutut saya akibat asam urat dan rematik. Apa benar?

Bisa saja, tetapi kemungkinan besar bukan. Radang sendi karena asam urat jarang mengenai sendi lutut, paling sering mengenai pangkal ibu jari kaki, dan berupa bengkak mendadak yang timbul dalam semalam. Sedangkan rematik cenderung menyerang sendi-sendi kecil, seperti sendi  jari-jari tangan, dan disertai nyeri dan bengkak yang terus-menerus.

Jadi kenapa lutut saya?

Jika usia anda sudah diatas 40 tahun dan merasa sakit lutut saat jongkok, menekuk lutut atau naik turun tangga, disertai kaku lutut di pagi hari, kemungkinan besar anda menderita osteoartritis (disingkat OA) lutut. Bisa juga karena penyebab lain seperti kerusakan tendon (tendinosis) atau peradangan (bursitis), tapi itu lebih jarang.

Apakah OA lutut itu?

Pada lutut sakit akibat OA terjadi kerusakan sendi. Tulang rawan sendi, yang berfungsi melindungi sendi terhadap gesekan antara dua tulang, menjadi tipis dan rusak. Akibatnya terjadi gesekan abnormal dan sakit lutut. Dapat juga terasa seperti krek…krekk atau bengkak. Selain tulang rawan sendi, kerusakan dapat juga terjadi pada seluruh bagian sendi, seperti tulang keras dibawah tulang rawan, kapsul sendi, cairan sendi, ligamen, bursa, urat dan otot di sekitar sendi.

Apakah ini yang disebut pengapuran lutut?

Ya, walau sebenarnya tidak tepat juga. Pada OA lutut terjadi pelebaran tulang. Pada ronsen tampak sebagai pertumbuhan tulang berlebihan yang sering dibilang sebagai pengapuran, karena tulang terbentuk dari zat kapur (kalsium).

Apa hanya orang tua saja yang terkena?

Tidak juga. Salah satu jenis OA lutut adalah kerusakan tulang rawan tempurung lutut (patella) akibat kelainan bentuk atau posisi tempurung lutut. Semakin berat kelainan bentuk dan posisi, semakin muda usia dimana  lutut sakit mulai terasa. Tipe OA lutut seperti ini terapinya sedikit berbeda dengan yang terjadi pada orang tua.

Apa yang harus saya lakukan?

Sebelum diobati tentukan dulu dengan tepat apa yang terjadi pada lutut sakit anda, oleh dokter yang mengerti benar masalah seperti ini. Jika teman-teman anda menyarankan minum obat atau jamu tertentu, hati-hati, bisa jadi anda minum obat yang tidak tepat dan berbahaya. Jika dokter anda bilang lutut anda terkena asam urat atau rematik, atau dia hanya terus-menerus memberi anda obat penghilang nyeri, kemungkinan anda belum menemukan dokter yang tepat untuk sakit lutut anda.

Apa yang dokter akan lakukan?

Pertama dilakukan pemeriksaan fisik. Dokter memeriksa adakah peradangan lutut, tulang rawan mana yang terkena, jaringan sekitar lutut yang terkena, apakah lutut anda X atau O, dan adakah kelainan lain di kaki atau sendi pinggul yang mempengaruhi sendi lutut anda. Kalau perlu dilakukan x-ray atau USG atau pemeriksaan lab darah pada sakit lutut anda. Tindakan medis berikutnya bermacam-macam dan berbeda untuk setiap jenis OA lutut dan tiap pasien, bisa terapi fisik, latihan penguatan otot, ortosis lutut, alas kaki khusus, kinesiotapping, termasuk obat dan injeksi lutut jika diperlukan.

Apa yang harus saya lakukan sehari-hari jika saya mengalami OA lutut?

Anda harus berjalan lebih perlahan dan selalu memakai alas kaki empuk. Hindari menekuk lutut, jongkok, dan naik-turun tangga. WC harus kloset duduk. Duduk dengan kaki diselonjorkan (lutut lurus).

Sebaiknya sholat sambil duduk saja, selonjor. Hindari naik-turun tangga. Jika harus, lakukan satu per satu undakan. Naik tangga dengan kaki sisi yang sehat lebih dahulu (yang tidak nyeri atau lebih ringan OA-nya), turun tangga dengan kaki sisi yang sakit lebih dahulu.

Apakah baik jika saya mengkonsumsi obat nyeri terus-menerus?

Pada OA lutut, mengkonsumsi obat nyeri, atau obat antiradang, terus-menerus tidak menyelesaikan masalah. Obat nyeri hanya menghilangkan nyeri, tidak menyembuhkan OA lutut anda. Obat anti radang hanya boleh diberikan saat bengkak (radang), pemberian terus menerus tidak tepat karena sebagian besar OA lutut bukan akibat radang. Malah beberapa obat nyeri dapat menimbulkan efek samping seperti luka di saluran pencernaan, bahkan dapat menghambat penyembuhan tulang rawan dan jaringan lunak sekitar sendi.

Apakah boleh saya meminum jamu asam urat dan rematik atau obat herbal untuk nyeri?

Tidak boleh, karena:

  1. Sakit lutut anda kemungkinan besar akibat OA, bukan asam urat ataurematik. OA lutut bukan penyakit yang dapat baik hanya dengan minum obat dokter atau jamu atau obat herbal.
  2. Sebagian besar jamu asam urat dan rematik isinya bukan hanya jamu, tetapi campuran obat anti radang dan steroid. Jika dikonsumsi jangka panjang dapat menyebabkan banyak efek samping, seperti luka lambung, keropos tulang, daya tahan tubuh menurun, jamur kulit, dan masih banyak lagi. Waspadai jamu yang sudah berbentuk pil atau sacchet. Salah satu tanda jika jamu yang anda konsumsi mengandung obat nyeri kuat adalah jika langsung memberikan efek hilang nyeri dalam waktu ½-1 jam setelah diminum.

Apakah suplemen glukosamin yang saya konsumsi bermanfaat?

Ada tiga macam glukosamin: glukosamin HCl, glukosamin sulfat, dan glukosamin sulfat yang terkristalisasi. Penelitian ilmiah terbaru menemukan glukosamin HCl dan glukosamin sulfat tidak memberikan manfaat untuk OA lutut. Hanya glukosamin sulfat yang terkristalisasi yang bermanfaat. Jika anda mengkonsumsi suplemen glukosamin, coba dibaca kandungannya termasuk glukosamin yang mana. Sebagian besar suplemen glukosamin yang dijual di Indonesia, termasuk yang diimpor dari luar negeri, isinya glukosamin HCl dan glukosamin sulfat.

Apakah lutut saya perlu disuntik?

Bisa ya bisa tidak. Berbeda untuk setiap pasien. Ada tiga jenis injeksi yang dapat diberikan untuk sakit lutut:

  1. Injeksi steroid. Steroid bermanfaat sebagai anti radang sekaligus anti nyeri, tetapi dapat menghambat penyembuhan jaringan jika digunakan terlalu sering.
  2. Injeksi pelumas sendi, bahan baku tulang rawan dan cairan lutut, yaitu asam hyaluronat. Ini yang sering disebut ‘suntik oli’ lutut. Biasanya diberikan pada OA lutut yang masih sangat ringan atau yang sudah terlalu berat tapi belum mau operasi.
  3. Proloterapi. Injeksi ini bertujuan memicu proses regenerasi (pertumbuhan kembali) dan perbaikan kualitas jaringan lunak di sendi lutut. Dapat berupa injeksi proloterapi dekstrosa atau PRP (platelet rich plasma), yaitu darah pasien sendiri yang diolah dan disuntikan ke lutut. Proloterapi selain disuntikkan ke dalam sendi, juga disuntikkan ke tendon dan ligamen.

Injeksi mana yang paling tepat untuk saya? Saya pernah disuntik tetapi sekarang sakit lagi.

Steroid hanya diberikan jika pada sakit lutut terdapat radang dan bengkak akibat efusi (cairan berlebih), yang dapat disedot dengan panduan USG. Bukan untuk diberikan terus-menerus, atau jika lutut sakit sedang tidak radang dan bengkak. Efek steroid ini pun hanya 1-3 bulan. Jika efek obat habis, dapat nyeri kembali jika tidak ada terapi lain untuk OA lutut anda.

Pelumas sendi yang mahal itu dapat bertahan 6 bulan sampai 1 tahun kemudian harus diinjeksi ulang. Pelumas sendi hanya melumasi sendi, tidak memberikan efek pertumbuhan kembali. Injeksi yang paling tepat adalah yang memberikan efek pertumbuhan kembali, yaitu proloterapi.

Olahraga apakah yang boleh saya lakukan?

Olahraga yang tidak membebani lutut anda, seperti bersepeda dan berenang. Hindari berlari dan banyak menekuk lutut. Boleh berjalan di kolam renang atau senam sambil berendam di kolam renang. Daya apung air setinggi pusar akan mengurangi berat badan hingga 50% dan jika setinggi putting dada hingga 75%. Senam yang dilakukan perlahan dan low-impact, seperti Taichi, juga sangat baik bagi penderita OA lutut. Jika anda bersepeda, termasuk sepeda statis, posisikan sadel tidak terlalu rendah sehingga tidak terlalu menekuk lutut saat bersepeda.

Saya diberikan latihan penguatan otot paha depan. Untuk apa?

Pada OA lutut sering disertai kelemahan otot paha depan (kuadriseps). Sedangkan otot kuadriseps berfungsi sebagai ‘rem’ mencegah ‘hentakan’ berlebihan kaki terhadap permukaan tanah saat kita berjalan. Hentakan berlebihan itu yang memicu kerusakan sendi lutut. Anda akan diberikan latihan penguatan otot kuadriseps, yang caranya bisa berbeda-beda untuk tiap pasien.

Adakah alat bantu yang berguna untuk OA lutut?

Beberapa alat bantu, disebut ortosis, dipakai untuk mengurangi beban atau memperbaiki kelurusan sendi yang bermasalah. Pada sakit lutut, ada beberapa yang dapat digunakan:

  1. Cane (tongkat tangan). Berguna pada penderita OA lutut yang yang kelebihan berat badan. Digunakan di tangan sisi berlawanan dari lutut yang terkena.
  2. Brace lutut (dekker lutut). Ada dua macam brace lutut. Yang berfungsi mengurangi tekanan pada sendi lutut dan yang berfungsi memperbaiki posisi tulang tempurung lutut.
  3. Bantalan kaki khusus (lateral heel wedge) untuk mengurangi tekanan sendi lutut pada tungkai yang sudah berbentuk O.
  4. Plester kinesiotaping. Plester ini digunakan untuk memperbaiki posisi tulang tempurung lutut.

Apakah lutut saya perlu di operasi?

Jika kerusakan pada lutut anda sudah terlalu berat dan sudah berusia lebih 65 tahun serta tidak membaik dengan tindakan non-operasi, dapat dilakukan operasi penggantian sendi lutut oleh dokter spesialis bedah tulang.

Jika anda menderita sakit lutut akibat osteoartritis dan ingin mencegah kerusakan berat yang mengharuskan operasi, lakukan proloterapi dan tindakan-tindakan lain sejak awal untuk menghambat progresifitas kerusakan lutut anda.

Baca artikel-artikel  lain kesehatan otot-sendi & cedera olahraga, klik di sini.



 Siapakah Dokter Aditya, dokter proloterapi anda? Dokter dari mana? Praktek dimana dan kapan? Kemana harus menghubungi jika ingin bertemu Dokter Aditya? Ingin informasi lebih jelas klik di sini.

Mengapa harus berobat ke Dokter Aditya? Apa kelebihan berobat ke Dokter Aditya dibandingkan berobat ke dokter anda sebelumnya? Penasaran apa saja klik di sini.


dr. Aditya Wahyudi, SpKFR
Ahli Otot-Sendi & Cedera Olahraga
Ahli Proloterapi

Klinik Halmahera Medika
Jl. Halmahera no. 2 Bandung
Appointment: Telp 022-4269-0156 atau WA 0817-6040-808