Kebanyakan Obat Radang Membuat Sulit Sembuh

Apakah anda mengalami nyeri otot-sendi yang tidak kunjung baik? Atau cedera olahraga yang terus berulang? Bosan minum obat nyeri? Dokter anda hanya memberi obat anti radang terus menerus?Apakah benar obat anti nyeri anti radang membuat sulit sembuh?

Radang, atau bahasa medisnya inflamasi, pada otot-sendi ditandai adanya nyeri, hangat, bengkak, kemerahan dan gangguan gerak.

Radang sendiri ada ‘radang jahat’ dan ‘radang baik’. Radang baik berfungsi memicu pemulihan otot-tulang-sendi yang cedera atau sakit. Radang jahat merusak jaringan sendi, contohnya penyakit rematik dan sejenisnya.

Karena salah satu efek radang adalah nyeri, maka obat anti radang dapat berfungsi menghilangkan nyeri.

Pada banyak penyakit otot-sendi atau cedera olahraga, seringkali dokter memberikan terus-menerus obat nyeri yang berupa obat anti radang. Selama minum obat nyeri terasa berkurang, setelah obat habis nyeri terasa lagi.

Obat anti radang adalah terapi yang tepat jika penyakit yang anda derita adalah radang sendi akibat rematik atau sejenisnya.

Tetapi pada penyakit sendi yang bukan rematik, seperti kerusakan bantalan sendi, tendo dan ligament, apalagi cedera olahraga, jika sudah berlangsung lama (lebih 1-2 bulan) dan berulang, penyebabnya bukan radang jahat seperti rematik.

Banyak dokter memberi obat anti radang karena mengira sakit otot-sendi seperti diatas itu pasti akibat radang jahat, dan itu adalah sesuatu yang buruk dan harus dihentikan.

Padahal sebenarnya proses radang sangat penting dan merupakan cara tubuh kita untuk memicu proses penyembuhan. Menyetop radang baik itu berarti menghambat penyembuhan jaringan rusak atau cedera.

Hal ini yang jadi salah satu penyebab nyeri otot-sendi dan cedera olahraga menjadi tidak kunjung baik. Hentikan pemakaian obat nyeri berupa obat radang yang terus-menerus. Banyak tindakan medis lain yang membuat anda sembuh dan tidak memerlukan obat nyeri. Contohnya proloterapi.

Jika anda memerlukan masih obat nyeri, mintalah ke dokter anda yang bukan anti radang. Jika sakit otot-sendi dan cedera olahraga anda tidak kunjung baik, berobatlah ke dokter yang tepat. Dokter yang dapat memberikan pilihan pengobatan yang tepat. Dokter yang memberikan solusi terbaik, bukan sekedar anti nyeri terus menerus.

Artikel terkait:



 Siapakah Dokter Aditya, dokter proloterapi anda? Dokter dari mana? Praktek dimana dan kapan? Kemana harus menghubungi jika ingin bertemu Dokter Aditya? Ingin informasi lebih jelas klik di sini.

Mengapa harus berobat ke Dokter Aditya? Apa kelebihan berobat ke Dokter Aditya dibandingkan berobat ke dokter anda sebelumnya? Penasaran apa saja klik di sini.


dr. Aditya Wahyudi, SpKFR
Ahli Otot-Sendi & Cedera Olahraga
Ahli Proloterapi

Klinik Halmahera Medika
Jl. Halmahera no. 2 Bandung
Appointment: Telp 022-4269-0156 atau WA 0817-6040-808