Apakah Proloterapi?

Kalau anda belum pernah mendengar kata proloterapi, saya tidak heran. Saya akan heran jika anda sudah tahu banyak soal proloterapi. Jangankan anda, dokter saja 99,9% tidak pernah mendengar apalagi mempelajari apakah itu proloterapi.

Apakah Proloterapi?

PROLOTERAPI (dari kata proliferasi = menjadi banyak/tumbuh) adalah tindakan medis untuk menumbuhkan kembali otot, tendo, ligamen, tulang rawan sendi yang rusak. Berupa injeksi bahan-bahan alami (natural) bukan obat, contohnya gula (proloterapi dekstrosa), darah anda sendiri (PRP = platelets rich plasma), injeksi sel-punca dan sebagainya.

Mengapa Anda Harus Mendapat Proloterapi?

Kerusakan jaringan otot, tulang dan sendi bisa terjadi akibat akibat penuaan, cedera akibat aktivitas sehari-hari atau cedera olahraga. Jaringan rusak ini seharusnya bisa sembuh sendiri secara alami 100%. Jika tidak sembuh sempurna akan menimbulkan gangguan gerak dan nyeri yang mengganggu aktivitas sehari-hari, olahraga dan bahkan membuat tidur anda tidak nyenyak.

Obat dan injeksi anti nyeri hanya menghilangkan nyeri sementara, tidak menumbuhkan kembali jaringan yang rusak. Sedangkan PROLOTERAPI berfungsi memicu pertumbuhan kembali jaringan rusak yang gagal sembuh itu.

Siapa yang Harus Mendapatkan Proloterapi?

Biasanya jika anda, orangtua atau teman anda mengalami sakit otot dan sakit sendi seperti ini maka anda membutuhkan PROLOTERAPI:

  1. Sakit otot dan sakit sendi (tendo, ligamen, bantalan sendi dll.) yang tidak kunjung sembuh lebih dari 1-2 bulan.
  2. Cedera olahraga yang terus berulang atau membuat anda tidak bisa berolahraga dengan optimal.
  3. Terus-menerus minum obat nyeri agar dapat beraktivitas sehari-hari atau agar dapat tidur nyenyak.
  4. Sudah fisioterapi berulang-ulang tetapi tidak ada perbaikan signifikan.
  5. Pernah disuntik obat radang atau pelumas sendi tetapi nyeri kembali.
  6. Dokter anda sudah memvonis harus operasi tetapi anda belum mau operasi.

Apa yang Dilakukan oleh Dokter Ahli Proloterapi?

Pada pasien sakit otot dan sakit sendi serta cedera olahraga, dokter akan memeriksa fisik secara detail, termasuk aspek BIOMEKANIK sendi yang terkena dan sendi yang terhubung dengannya. Jika sesuai indikasi, dilakukan injeksi sendi dengan PROLOTERAPI.

Proloterapi harus diulang beberapa kali. Jumlah dan jarak waktu pengulangan tergantung sendi mana yang terkena, seberapa berat kerusakan, usia anda, kondisi fisik, dan penyakit lain yang anda punyai.

Selain mendapat PROLOTERAPI, masalah BIOMEKANIK, gangguan fisik dan hormonal, serta status gizi yang menjadi biang keladi ‘gagal sembuh’ juga harus diperbaiki.

Dimana Anda Bisa Mendapatkan Proloterapi?

Dapatkan konsultasi, pemeriksaan fisik, serta proloterapi, oleh dokter ahli proloterapi. Temui Dokter Aditya, di Klinik HALMAHERA MEDIKA di Bandung.

Artikel terkait:

Untuk penyakit apa saja proloterapi? Bisakah untuk nyeri lutut dan nyeri punggung bawah? Untuk nyeri bahu dan nyeri tumit juga bisa? Temukan jawabannya klik di sini.



 Siapakah Dokter Aditya, dokter proloterapi anda? Dokter dari mana? Praktek dimana dan kapan? Kemana harus menghubungi jika ingin bertemu Dokter Aditya? Ingin informasi lebih jelas klik di sini.

Mengapa harus berobat ke Dokter Aditya? Apa kelebihan berobat ke Dokter Aditya dibandingkan berobat ke dokter anda sebelumnya? Penasaran apa saja klik di sini.


dr. Aditya Wahyudi, SpKFR
Ahli Otot-Sendi & Cedera Olahraga
Ahli Proloterapi

Klinik Halmahera Medika
Jl. Halmahera no. 2 Bandung

Appointment: Telp 022-42690156 atau WA 0817-6040-808