Jamu, Obat Tradisional & Obat Herbal untuk Nyeri Otot-Sendi?

Untuk yang suka membeli sendiri jamu asam urat, jamu rematik, obat tradisional, obat herbal atau bahkan obat medis, untuk nyeri otot-sendi, ada beberapa fakta yang harus anda ketahui:

Bolehkah konsumsi jamu asam urat, jamu rematik, obat tradisional atau obat herbal?

TIDAK BOLEH mengkonsumsi jamu asam urat, jamu rematik, obat herbal dan obat tradisional untuk sakit otot-sendi yang sudah berbentuk kapsul, tablet, atau sacchet. Saya meyakini terdapat campuran obat steroid, anti nyeri atau anti radang lainnya di dalamnya.

Banyak pasien sakit otot-sendi yang mengkonsumsi jamu asam urat, jamu rematik, obat herbal dan obat tradisional untuk nyeri otot-sendi ini mengalami tanda dan gejala efek samping pemakaian steroid jangka panjang. Seperti moon face (muka bulat seperti bulan), borok atau tukak lambung, jamur di kulit, hingga pengeroposan tulang.  

Salah satu tanda jamu asam urat, jamu rematik, obat herbal dan obat tradisional, mengandung obat nyeri atau steroid adalah efek hilangnya nyeri terasa signifikan,  nyeri berat pun bisa hilang. Efek hilang nyeri terasa ½ hingga 1 jam setelah obat atau jamu dikonsumsi. Kemudian nyeri timbul kembali segera setelah konsumsi jamu atau obat herbal itu dihentikan. Persis seperti efek obat nyeri.

Bolehkah membeli sendiri dan konsumsi terus-menerus obat nyeri?

Obat nyeri tipe anti radang, jika diminum terus menerus, dapat menghambat proses penyembuhan jaringan otot-sendi anda yang rusak dan membuatnya kerusakan semakin berat.

Selain itu, beberapa jenis anti radang yang sering dijual bebas di apotik, menimbulkan efek samping, luka lambung, jika dikonsumsi terus-menerus.

Untuk nyeri ringan sampai sedang, obat yang anda dapat beli sendiri adalah paracetamol 500mg. Di minimarket dijual dengan merek PA***OL warna biru. Dapat diminum sampai 3-4x per hari masing-masing 1-2 tablet. Jika tidak mempan, harus dikombinasi dengan obat lain yang didapat dengan resep dokter.

Konsumsi obat nyeri terus-menerus bukanlah solusi nyeri otot-sendi anda. Banyak hal lain yang bisa dilakukan seperti perubahan cara hidup, fisioterapi, alat bantu ortosis, injeksi intervensi serta injeksi regeneratif sendi atau PROLOTERAPI.

Nyeri Lutut Belum Tentu Asam Urat dan Rematik

Panduan bagi Penderita Sakit Lutut akibat Osteoartritis.

Oleh: dr. Aditya Wahyudi, SpKFR

Tulisan ini berisi berbagai pertanyaan tentang lutut sakit yang sering diajukan olah pasien saya, berikut jawabannya dalam bahasa awam yang mudah dimengerti. 

Teman-teman saya, bahkan dokter saya, bilang sakit lutut saya akibat asam urat dan rematik. Apa benar?

Bisa saja, tetapi kemungkinan besar bukan. Radang sendi karena asam urat jarang mengenai sendi lutut, paling sering mengenai pangkal ibu jari kaki, dan berupa bengkak mendadak yang timbul dalam semalam. Sedangkan rematik cenderung menyerang sendi-sendi kecil, seperti sendi  jari-jari tangan, dan disertai nyeri dan bengkak yang terus-menerus.

Jadi kenapa lutut saya?

Continue reading “Nyeri Lutut Belum Tentu Asam Urat dan Rematik”

Usia 50-an dan Bahu Jadi Nyeri serta Kaku? Kenapa dan Harus Bagaimana?

Frozen Shoulder dan  Penyebab Nyeri Bahu Lainnya

Penyakit yang membuat bahu kaku dan bahu sakit yang sering terjadi adalah Frozen Shoulder atau Adhesive Capsulitis. Pada penyakit frozen shoulder, kapsul atau bungkus sendi di sisi depan mengkerut membuat penderita tidak dapat mengangkat bahunya ke atas sehingga sulit menyisir rambut, membuka baju t-shirt atau menjemur pakaian. Awalnya penderita akan merasa nyeri yang semakin lama semakin hebat, kemudian nyeri berkurang tetapi muncul kekakuan bahu yang dapat berlangsung beberapa bulan sampai tahunan.

Siapa yang sering terkena penyakit ini? Apa yang harus dilakukan?

Baca Lebih Lanjut

Jangan Langsung Percaya Hasil MRI.

Tidak Semua yang Tampak pada MRI Pasti Penyebab Sakit Punggung Anda

Banyak pasien saya datang dengan membawa hasil pemeriksaan MRI, bilang “Dok, saya sakit punggung sudah lama, kata dokter yang kemarin akibat saraf kejepit.“ sambil menunjuk gambar di MRI yang ada penonjolan bantalan seperti yang dokter sebelumnya katakan. “Tapi kok sudah diberi obat dan difisioterapi untuk saraf kejepit tidak ada perbaikan?”, lanjutnya lagi.

Mengapa hal seperti ini sering terjadi? Apa yang harus anda lakukan jika anda mengalami hal seperti ini?

Baca Lebih Lanjut

Siku Sakit Akibat Hobi Bermain Tenis, Bermain Golf, atau Memegang Gadget Terus-Menerus

Pada yang hobi bermain tenis sering timbul siku sakit di sisi luar, saat menahan bola dengan posisi raket backhand. Karena sering terjadi pada pemain tenis,  sakit siku ini sering disebut Tennis Elbow atau bahasa medisnya lateral epicondilitis (lebih tepatnya lateral epicondylopathy). Penyakit serupa juga sering terjadi pada siku sisi dalam (medial epicondyle), biasanya terjadi pada orang yang hobi bermain golf sehingga sering disebut Golfer Elbow.

Apakah hanya terjadi pada pemain tenis atau golf saja? Apa yang harus dilakukan?

Baca Lebih Lanjut

Cedera Olahraga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Terus Berulang

Apakah anda mengalami cedera olahraga yang berulang kali selama beberapa bulan ini? Apakah anda mulai merasa nyeri setelah berolahraga beberapa menit atau satu babak? Apakah anda atlet, tidak bisa berprestasi maksimal karena cedera tidak kunjung baik, atau divonis harus pensiun dini dan meninggalkan olahraga yang anda cintai?

Mengapa cedera olahraga sering berulang? Apa yang harus anda lakukan agar bisa berolahraga atau berprestasi seperti dulu?

Baca Lebih Lanjut

Sakit Punggung Bawah Tidak Selalu Karena Saraf Kejepit

Sakit punggung bawah atau sakit pinggang sering terjadi di masyarakat. Punggung sakit ini bukan hanya akibat saraf kejepit seperti yang dibilang banyak orang, bahkan oleh banyak dokter.  Saraf kejepit karena penonjolan bantalan tulang belakang (hernia nucleus pulposus = HNP), hanya menyebabkan kurang 10% seluruh sakit punggung bawah. Masih banyak penyebab lain yang lebih sering terjadi.

Jadi apa yang sebenarnya terjadi  jika anda atau orangtua anda menderita sakit punggung bawah atau sakit bokong yang tidak kunjung sembuh, dibilang kena saraf kejepit, sudah dapat obat atau terapi, tapi tidak kunjung sembuh?

Baca Lebih Lanjut

Sakit Saat Menekuk Lutut akibat Osteoartritis

Jika anda berusia diatas 40 tahun, mengalami sakit saat menekuk lutut seperti saat jongkok, sholat, sesudah duduk lama, disertai lutut kaku di pagi hari kemungkinan besar anda mengalami osteoartritis lutut, atau yang biasa disingkat OA lutut. Sering  juga disebut pengapuran tulang lutut.

Mengapa bisa terjadi OA lutut? Mengapa tidak kunjung sembuh hanya dengan obat saja? Sudah fisioterapi berulang serta sudah injeksi pelumas sendi atau anti radang tapi belum ada perubahan signifikan?

Baca Lebih Lanjut