Mengapa Sakit Otot-Sendi & Cedera Olahraga Anda Tidak Kunjung Baik?

Apakah anda mengetahui mengapa penyakit otot-sendi bisa tidak kunjung baik? Mengapa cedera olahraga bisa terus berulang? Mengapa sudah ke berbagai dokter atau sudah fisioterapi berulang masih terus belum membaik?

Kondisi di atas bisa disebabkan banyak hal. Mengobati penyakit otot-sendi dan cedera olahraga tidak sesederhana dan semudah yang dikira. Tetapi ada beberapa hal yang paling sering jadi penyebab:

 1. Diagnosa tidak tepat.

Menentukan diagnosa penyakit otot-sendi tidaklah mudah. Tidak semua dokter menguasai dengan baik ilmu muskuloskeletal (tulang-otot-sendi) serta ilmu kinesiologi/biomekanik yang dibutuhkan untuk dapat membuat diagnosa penyakit otot-sendi anda.

Jika diagnosa tidak tepat, biasanya pengobatan yang diberikan juga tidak akan tepat.

Salah satu tanda dokter anda tidak tahu apa yang terjadi pada anda adalah dia hanya memberikan obat nyeri terus menerus atau hanya menyuruh difisioterapi terus-menerus tanpa ada pilihan pengobatan atau terapi lain.

2. Pengobatan atau terapi tidak tepat.

Jika diagnosa sudah benar, belum tentu pengobatan juga benar. Tidak semua dokter dapat menentukan pengobatan yang paling tepat, aman dan efektif untuk masing-masing pasien.

Banyak sekali pilihan pengobatan atau terapi untuk satu diagnosa muskuloskeletal, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing terapi. Satu diagnosa yang sama pada dua pasien yang berbeda bisa saja mendapat terapi yang berbeda.

PROLOTERAPI adalah salah satu pilihan untuk nyeri otot-sendi dan cedera olahraga yang tidak kunjung sembuh, sudah bosan minum obat nyeri serta sudah fisioterapi berulangkali tetapi belum ada perbaikan.

Tetapi tidak berarti semua pasien akan di proloterapi. Berbeda-beda untuk setiap pasien, tergantung banyak hal.

3. Tidak dilakukan perbaikan biomekanik.

Penyakit otot-sendi atau cedera olahraga sulit sembuh jika penyebabnya tidak diatasi. Bisa berupa gangguan nutrisi, hormon, penyakit tertentu, serta yang paling sering yaitu gangguan BIOMEKANIK. Pada penyakit otot-sendi harus dianalisa adakah gangguan biomekanik, apa yang menjadi penyebab dan bagaimana koreksi biomekaniknya, seperti perbaikan postur tubuh, kebiasaan sehari-hari, serta latihan otot-sendi oleh fisioterapis.

Tanpa analisa penyebab gangguan BIOMEKANIK dan koreksinya yang tepat, PROLOTERAPI yang diberikan tidak akan memberikan hasil optimal.

Jika anda mengalami masalah otot-sendi yang tidak kunjung membaik atau cedera olahraga yang terus berulang, kemungkinan faktor-faktor diatas penyebabnya.

Berobatlah ke dokter yang mengerti ilmu muskuloskeletal dengan baik, yang mampu membuat diagnosa yang tepat, menentukan pengobatan yang tepat dan mampu menganalisa dan mengkoreksi masalah biomekanik yang jadi penyebab.

Artikel terkait:

 Proloterapi? Belum pernah dengar? Apakah proloterapi? Siapa saja yang butuh proloterapi? Apa perbedaan proloterapi dengan pengobatan lain? Ingin tahu lebih jelas klik di sini.




dr. Aditya Wahyudi, SpKFR
Ahli Otot-Sendi & Cedera Olahraga
Ahli Proloterapi

Klinik Halmahera Medika
Jl. Halmahera no. 2 Bandung
Appointment: Telp 022-4269-0156 atau WA 0817-6040-808