Proloterapi untuk Apa Saja?

Berikut beberapa penyebab nyeri dan kerusakan otot-sendi (tendo, ligamen, bantalan sendi) yang bisa ditangani dengan proloterapi:

Cedera Olahraga

Sebagian besar cedera olahraga disebabkan ‘kerusakan’ otot-sendi, bukan radang, apalagi jika selalu berulang dan berlangsung lebih dari 2-3 bulan (tanda gagal sembuh). Jadi pengobatan yang tepat untuk cedera olahraga bukan obat nyeri atau injeksi anti nyeri dan anti radang, melainkan PROLOTERAPI.

Selain mendapatkan proloterapi, pada cedera olahraga juga harus dilakukan perbaikan biomekanik agar cedera olahraga tidak berulang.


Sakit Lutut

Sakit lutut pada usia 50-an hingga usia lanjut sering disebabkan Osteoartritis Lutut (OA Lutut). Sakit lutut akibat OA sering ditandai dengan sulit atau nyeri lutut setelah duduk lama serta saat jongkok, duduk sholat dan naik turun tangga.

Pada sakit lutut akibat OA terjadi kerusakan tulang rawan sendi, tendo dan ligamen di lutut, yang bisa ditangani dengan PROLOTERAPI.

Sakit lutut pada atlet atau yang hobi olahraga (nyeri di tendo patella, robekan sebagian pada ACL, serta robekan ringan meniscus) bisa ditangani dengan proloterapi. Juga sakit lutut pada anak remaja (Osgood-Schlater disease).


Sakit Punggung Bawah

Tidak semua sakit punggung bawah akibat saraf kejepit, bisa disebabkan kerusakan sendi kecil di tulang belakang (sendi facet), sendi pasak tulang belakang (sendi sakroiliaka) serta ligamen-ligamen diantara tulang belakang dan tulang bokong.

Sakit punggung bawah seperti ini terjadi cukup sering dan paling tepat diobati dengan proloterapi. Info lebih jauh tentang sakit pungguhg klik dibawah ini.


Sakit Belakang Leher dan Pundak

Sama seperti sakit punggung bawah, sakit belakang leher dan pundak yang menjalar ke lengan sering didiagnosa sebagai saraf kejepit. Padahal sering karena kerusakan ligamen dan sendi facet di tulang le


Sakit Bahu

Selain karena Frozen Shoulder (paling sering), nyeri bahu bisa karena kerusakan tendo otot kelompok rotator cuff (biasanya otot supraspinatus. Kerusakan tendo ini bisa diobati dengan proloterapi.

Selain itu, sendi bahu yang longgar (Shoulder Instability) atau kerusakan sendi acromio-clavicular (AC joint) pada orang yang sering angkat beban, bisa ditangani dengan proloterapi.


Sakit Sendi Siku

Sakit di sendi siku sisi luar yang disebut Lateral Epicondylopathy atau Tennis Elbow, karena sering terjadi pada pemain tenis, bisa diobati dengan proloterapi. Juga sakit di sendi siku bagian dalam yang sering terjadi pada yang sering main golf (Golfer Elbow).

Kedua penyakit ini sering diinjeksi dengan obat anti radang, padahal anti radang ini hanya membuat hilang nyeri sementara dan lebih nyeri setelah efek anti radang habis.

Klik disini untuk membaca lebih lanjut soal sakit siku ini.


Sakit Tumit dan Pergelangan Kaki

akit di telapak kaki saat setelah berjalan jauh dan saat berdiri setelah tidur semalam (Plantar Fasciopathy) dan sakit di belakang tumit (Achilles Entesopathy dan Achilles Tendinosis) dapat diobati dengan proloterapi.

Sama seperti sakit di sendi siku, injeksi obat anti radang disini hanya berefek sementara, dapat membuat fascia dan tendo menjadi lemah dan rentan robek.

Cedera olahraga ligamen pergelangan kaki (Lateral Ankle Strain) sering tidak bisa sembuh sempurna, membuat sendi pergelangan kaki tidak stabil dan cenderung cedera berulang. Ligamen yang lemah ini bisa diperkuat dengan proloterapi, dilanjutkan latihan khusus untuk menstabilkan pergelangan kaki.



 Siapakah Dokter Aditya, dokter proloterapi anda? Dokter dari mana? Praktek dimana dan kapan? Kemana harus menghubungi jika ingin bertemu Dokter Aditya? Ingin informasi lebih jelas klik di sini.

Mengapa harus berobat ke Dokter Aditya? Apa kelebihan berobat ke Dokter Aditya dibandingkan berobat ke dokter anda sebelumnya? Penasaran apa saja klik di sini.


dr. Aditya Wahyudi, SpKFR
Ahli Otot-Sendi & Cedera Olahraga
Ahli Proloterapi

Klinik Halmahera Medika
Jl. Halmahera no. 2 Bandung
Appointment: Telp 022-4269-0156 atau WA 0817-6040-808